Stay informed on our news or events!

post

Pada tanggal 25 Oktober 2020, Unit MTs-PPTq Assalaam melaksanakan pelatihan pemulasaraan jenazah yang dipandu langsung Oleh Pembina MTs-PPTq Assalaam ,K.H. Zenal Asikin. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru dan karyawan MTs-PPTq Assalaam. Tujuan kegiatan ini yaitu memberikan panduan dan tata cara secara langsung, mengingat pentingnya ilmu dan pengetahuan dalam pemulasaraan jenazah.

Hal inilah yang menjadi tantangan besar bagi seluruh komponen yang berada dilingkungan MTs-PPTq Assalaam agar siap dan mampu mengaplikasikannya di lingkungan masyarakat. Mengingat peran pesantren sangatlah besar dalam  lingkungan masyarakat, maka pelatihan ini langsung di inisiasi oleh pimpinan unit MTs-PPTq Assalaam, Dery Jamaludin Basari, M.Pd.

Keberlangsungan acara ini dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00 yang diselang dengan waktu ISOMA pada pukul 12.00. pada sesi pertama, pemateri memaparkan teori dan materi yang sangat lengkap, lugas dan jelas, yang bertujuan memberikan pengetahuan dalam segala aspek sehingga dalam memulasarakan jenazah ada ilmunya , dan ilmu ini yang memang sangat jarang orang-orang mengetahuinya bahkan sampai memparaktekannya. Disisi lain, pemateri sangatlah detail dan apik dalam membahas materi ini , sehingga peserta sangat antusias apalagi ketika kegiatan ini masuk pada sesi kedua yaitu sesi praktek langsung yang dibagi menjadi empat tim yang terdiri dari 2 tim dari  bapak-bapak dan 2 tim dari ibu-ibu.

Materi dan praktek umumnya meliputi  proses tatacara memandikan, mengkafani, menyolatkan bahkan menguburkan mayit. Sehingga kesan keingintahuan seluruh peserta itu penuh antusias bahkan terdapat ilmu dan pengetahuan  baru yang didapat. Dengan canda, tawa dan suasana seru menjadikan kegiatan praktek pemulasaraan ini menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan dan tidak memberi kesan horor dalam kegiatan ini.

Nah, Bapak-ibu bagi yang mungkin ingin bergabung dengan keluarga besar Yayasan Assalaam dan Tim JRA (Jasa Rahmatillah) Yayasan Assalaam bisa menghubungi langsung kontak CS nya yang tertera diwebsite Yayasan Assalaam.

Semoga dengan kegiatan yang penuh manfaat ini, kita semua dapat mengambil ilmu dan mampu mempraktekan dan mengamalkannya ke lingkungan masyarakat sekitar.

 

Tim Markom MTs 2020/2021