Stay informed on our news or events!

post

Pelaksanaan serah terima santri baru MTs-PPTq Assalaam telah terlaksana dalam kurun waktu 2 hari yaitu pada hari sabtu dan minggu tanggal 13-14 Juli 2019, yang mana hari pertama dilaksanakan penyambutan kedatangan seluruh santri putera dan dihari  kedua adalah datangan santri puteri. Seluruh santri terlihat sangat semangat dan penuh antusiasme sangat tinggi. Mereka ada yang berasal dari luar pulau seperti Sulawesi, Lampung, Sumatera bahkan ada dari berbagai kota dan kabupaten di  Pulau Jawa.

Dalam kegiatan serah terima atau Ijab Qabul di Aula MTs-PPTq Assalaam ini, ada beberapa hal yang disampaikan oleh kepala MTs-PPTq Assalaam Ust. Dery Jamaludin Basari, M.M.Pd diantaranya adalah regulasi kebijakan yang ada di MTs-PPTq Assalaam ini mulai dari hak dan kewajiban orangtua santri, peraturan- peraturan dipesantren dsb.

Diakhir acara ini, tangis haru pecah ketika pimpinan pesantren Ust. M.Abdul Basit memimpin prosesi ijab qabul ini. Setiap santri saling berhadapan dengan kedua orangtuanya. Seraya sambil meminta ridho dan do`a dari kedua orangtuanya dan saling berpelukan. Seluruh orang tua mengucap Ijab qaabul  yang berbunyi “ Rodhiitu billahi rabba` wabil islaami diina… “ setelah itu di lanjutkan oleh guru-guru MTs PPTq Assalaam dengan menucap “dengan penuh tanggung jawab akan menjaga putera- puteri bapak-dan ibu dengan sebaik-baiknya….”

Setelah acara selesai dan ditutup dengan mushafahah, seluruh santri baru diantar ke asrama masing-masing oleh para pembimbing dan orangtuanya. Kesan haru terlihat ketika  seluruh orangtua meninggalkan pesantren ini dan dengan penuh harapan dan do`a, kelak diakhirat  nanti, putera-puteri mereka dapat manglungkan mahkota kemuliaan terhadap orangtuanya. Amin!!