Stay informed on our news or events!

post

Ada yang tau nyantri itu seperti apa? Gimana sih nyantri itu? Ada yang mau bilang santri itu kampungan? Siapa bilang nyantri kampungan ?? Justru nyantri itu kereeen.. lho kok keren sih ?? Iyaaaaa dong keren, karna santri itu lebih bisa mengatur waktu dan mandiri.. ayoooo kalian yang ga nyantri, bisa ga yaaa nyuci sendiri ? Hihi..

Berbicara masalah santri, bukan hanya pindah tidur ke pondok, tapi bagaimana kita bisa mengaji dan mengamalkan ilmu yang didapat selama di pondok. Tentu, selain mengaji, kita diajarkan pula takdim/hormat kepada guru, akhlak yang baik, tatakrama, sopan santun, kemandirian dan juga keberkahan ilmu. Waaaahhhh asyik yaa ? Belum tentu ilmu-ilmu ini kita dapatkan diluaran sana. Tapi jangan khawatir temen-temen. Label santri, lantas tidak membuat kita terbatas untuk mengeksplore kemampuan dan bakat kita, karena di MTs PPTQ Assalaam, selain mengaji, kita juga sekolah formal yang mewadahi temen-temen yang punya minat dan bakat untuk dikembangkan melalui kegiatan ekstrakulikuler. Seru kaaan ? Ilmu agama dapat, ilmu umum dapat, bakat pun insyaallah tersalurkan. Bahkan tak jarang kami meraih berbagai prestasi di bidang agama maupun umum, meskipun waktu kami berlatih sangat terbatas dibanding temen-temen yang sekolah di sekolah umum.

Santri mempunyai cerita dan ciri khas tersendiri. Berbagai aktifitas di pondok, memberikan kesan tersendiri bagi santri-santrinya. Meskipun kali pertama mondok pasti nangis, kangen mama, ayah dan adik2 di rumah. Hihi.. tapi tenang, itu tak akan berjalan lama ko temen-temen, di awal-awal sajaa. Kesananyaa ? Yakin deh betaaaah.. meskipun kita dituntut harus bisa atur waktu, antri makan, antri mandi, nyuci sendiri, jemuran berebut, waktu tidur terbatas, apa-apa di hitung, adaptasi dengan berbagai peraturan, bersahabat dengan hafalan, makan dan tidur bareng, makanan yang ga suka, tiba-tiba ngedadak jadi suka, qona’ah lah yaaa pastinyaaa.. waaahhhh indah sekali ya.. inilah berbagai pengalaman di pondok yang ga akan temen-temen dapatkan di tempat lain. Gimana ? Kebayang ga serunya ? Masih mau mikir-mikir jadi santri ? Jangan kelamaan mikirnya yaaaa, nanti kerennya nyantri keburu direbut orang. Hihi...