Stay informed on our news or events!

post

Dalam menjalani sebuah hidup penuh positif, kita banyak mengutip dari beberapa sumber. Namun dalam hal ini ada satu surat yang sangat dahsyat dengan 5 kunci keberhasilan untuk menjadi pribadi yang sukses dan gemilang. Surat yang akan dibahas yaitu surat Al-quraisy, Surat ini terdiri dari 4 ayat dan tergolong sebagai surat Makkiyah. Adapun nama Quraisy sendiri dalam surat ini yaitu merujuk pada kaum quraisy yang mendapat kepercayaan untuk menjaga baitullah (ka`bah) di kota Makkah Al- Mukarromah.

Adapun 5 kunci kesuksesan dari surat ini yang pertama adalah kalimat "li iilaa fii" yang mempunyai arti kebiasaan. kebiasaan yang dimaksud adalah kebiasaan orang-orang sukses dan hebat yang menjadi acuan bagi kita semua. Kebiasaan ini pula akan menjadi sebuah karakter yang baik apabila terus diulangi . sebagaimana perkataan Stephen R Covey,  " Petiklah keputusan , maka anda akan mendapatkan perbuatan, petiklah perbuatan, maka anda akan menjadi kebiasaan, petiklah kebiasaan, maka akan menjadi karakter. Inilah dasar awal membentuk kebiasaan untuk menjadi manusia yang supaer dahsyat. Maksud  diatas juga yaitu  agar kita senantiasa melakukan pengulangan tindakan positif, sehingga hal ini dapat menjadi sebuah kebiasaan. Adapun yang kedua adalah 'Quraisy" yang mempunyai maksud yaitu citra positif orang-orang Quraisy pada saat itu yang sangat disegani dikalangan masyarakat Arab pada saat itu. Oleh karena itu, apabila kita ingin berhasil dalam hal apapun, maka kita harus menunjukan Citra positif dilingkungan masyarakat kita. Citra positif bisa dalam bentuk akhlak dan tingkah laku yang dapat berkontribusi positif bagi lingkungan sekitar. Hal inilah yang selalu ditekankan oleh Rasulullah SAW, yang berbunyi “ Khoirunnnas, Anfauhum Linnas”  (Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.  Yang ketiga yaitu " rihlah" yang mempunyai arti perjalanan.atau mobilitas tinggi. maksud dari perjalanan disini yaitu dengan silaturahim kepada orang-orang yang Sangat sukses di Dunia dengan menanyakan tips dan cara menggapai kesuksesan tersebut , sehingga kita bisa seperti mereka. Perjalanan ini juga bisa menjadi landasan awal agar kita dapat memilah dan memilih lingkungan yang positif. Apabila kita bertujuan untuk menjadi seorang Pengusaha Muslim Hebat seperti sahabat Sayyidina Utsman bin Affan, maka kita bergaul dengan para pengusaha. Namun, apabila kita ingin bergaul dengan para Umara, maka kita harus senantiasa ikut serta dalam kegiatan-kegiata yang diadakan oleh pemerintah setempat sehingga kita dapat dengan mudah saling mengenal satu sama lain. Ke-Empat , Asy-Syitaa wa ash-shoif yakni pandai membaca lingkungan sekitar baik secara situasi dan kondisi pada saat itu. Ketangguhan dalam menghadapi medan perjuangan dan siap dengan segala tantangan yang akan dihadapi dengan penuh Optimis. Ke-Lima, fal ya`budu yang artinya segala sesuatu yang dilakukan harus senantiasa diniatkan untuk ibadah kepada allah SWT. Disisi lain jadikan semua kerja keras sebagai bentuk pengabdian terhadap Agama dan semata-mata tertuju kepada muara Lima yaitu 1. Minallah = Menyadari segala sesuatu asalnya dari Allah, 2. Fillah =Berusaha selalu dijalan Allah , 3. Lillah = Melakukan segala sesuatu hanya karena Allah, 4. Billah Berhasil atau tidak semata atas pertolongan Allah, 5. Lillah = dan akhirnya kembali kepada Allah.

Inilah sebuah kajian yang sangat luar biasa yang dapat menumbuhkan ghirah dan semangat untuk mencapai kesuksesan baik didunia maupun di akhirat kelak. Dengan 5 kunci kesuksesan yang dibahas diatas, kita sebagai seorang muslim sudah selayaknya menggapai bagian dari pada kesuksesan sebagaimana yang telah dicapai oleh orang-orang terdahulu kita agar kita dapat mengambil pembelajaran yang sangat berarti dari kisah-kisah serta pengalaman mereka. Semoga bermanfaat , semakin sukses dan selalu di istiqomahkan dalam kebaikan . Amin....Wallahu a`lam Bishawab.

Penulis :Pipit Sugiarto, S.Pd.