Stay informed on our news or events!

post

Setiap bulan Qamariah itu mempunyai peristiwa-peristiwa penting yang terjadi didalamnya. Baik peristiwa itu yang terjadi pada masa Rasulullah SAW, maupun pada masa khulafaurrasyidin. Hitungan bulan-bulan ini sudah ditetapkan oleh Allh SWT didalam Al Qur`an surat At Taubah ayat 36.

   “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah ketika Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram (suci). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu.” (QS At-Taubah: 36)

Dalam hal ini, yang perlu kita ketahui dibulan ini kenapa dinamakan dengan bulan shafar?

Menurut Ibnu Mandzur dalam kitab Lisanul Arab menyatakan:

“ karena kosongnya makkah dari penduduknya apabila mereka bepergian (Ibnu Mandzur, Lisânul ‘Arab, Dar el-Shâdir, Beirut, juz 4, halaman 460)

Sementara itu dalam kitab Mandzumah Syarh al-Atsar fî mâ Warada ‘an Syahri Safar (hal 9), Habib Abu Bakar al-‘Adni menyebutkan Rasulullah SAW melakukan beerapa kegiatan dan tradisi yang sangat baik pada bulan ini sehingga hal ini dapat menggugurkan anggapan-anggapan negatif tentang bulan ini yang terjadi pada masa jahiliyah. Diantara tradisi-tradisi yang baik yang dilakukan oleh oleh Rasulullah SAW adalah:

- Pernikahan Rasulullah SAW dengan Siti Khadijah

“Dimulai dengan pernikahan beliau dengan Sayyidah Khadijah al-Kubra di hari-hari bulan Safar, dan pernikahan itu berlangsung sebelum datang wahyu dari Allah (sebelum masa kenabian).”

- Rasulullah SAW menikahkan Sayyidah Fatimah Azzahra` dengan Ali bin Abi Thalib pada bulan ini.

- Hijrahnya Rasullulah pada saat itu dari Makkah ke Madinah dimulai pada bulan ini.

“Hijrahnya Rasulullah pada akhir bulan Safar di goa al-Hajar sebagaimana para ulama sebutkan.”

- Perang pertama dalam sajarah Umat islam yaitu perang Abwa

“Perang Abwa di bulan Safar yang terjadi di permulaan.” 

Adapun beberapa peristiwa lainnya yang terjadi pada bulan safar ini menurut Habib Abu Bakar al-‘Adni adalah:

- Penaklukan Khaibar pada tahun ke-7 hijriah juga terjadi pada bulan shafar.

Rasulullah mengutus sahabat Usamah bin Zaid pada saat itu kepada pimpinan prajurit Rum pada tahun 11 Hijriyah itu terjadi beberapa hari sebelum wafatnya Rasulullah SAW.

Dari peristiwa-peristiwa diatas, alangkah baiknya kita mentafakkuri dan mengambil pelajaran tersebut. Mari kita kupas kembali sejarah-sejarah rasul terdahulu, para sahabat , taabiin yang dapat membuat wawasan kita lebih mendalam lagi. Semoga bermanfaat.

 

 

Source: nuonline.com