Stay informed on our news or events!

post

Membaca Alqur`an adalah sebuah aktifitas ibadah yang sangat luar biasa dan istimewa. Bayangkan Allah memberi ganjaran pahala bagi yang membaca satu huruf dari alqur`an itu di ganjar dengan sepuluh kebaikan. Bahkan bagi siapa yang menghafal alqur`an secara keseluruhan akan mendapatkan garansi surga dari Allah swt .

Untuk menjadi seorang “hafidz” atau bahkan “hamil” Al Qur`an ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, seorang penghafal Al Qur`an harus memperhatikan etika-etika dibawah ini;

1.Seorang penghafal Al-qur`an harus memiliki akhlak dan perangai yang baik. Dalam hal ini, penghafal Alqur`an dapat meniru Akhlak rasuullah SAW dengan suri tauladan yang baik bagi seluruh umatnya.

2. Seorang penghafal Alqur`an harus meninggalkan segala sesuatu yang dilarang oleh Allah swt.

3. Seorang penghafal Alqur`an harus menghindari pekerjaan yang rendah ,yang artinya bekerja dari sumber yang syubhat bahkan tidak halal/haram..

4.Seorang penghafal Alqur`an harus memiliki jiwa yang mulia.artinya jiwa mulia ini adalah jiwa yang bersih , yang selalu mempunyai perasangka baik terhadap penciptadan makhluknya.

5.Seorang penghafal Alqur`an lebih tinggi derajatnya dari penguasa yang sombong .dalam hal ini, pantang bagi  seorang penghafal Al Qur`an merendahkan diri didepan penguasa yang sombong.

6.Seorang Penghafal Al Qur`an harus tawaadhu terhadap orang-orang yang shaleh .artinya, para penghafal Al Qur`an harus santun terhadap semua orang khususon kepada orang-orang yang shaleh dan yang mencintai anak yatim serta orang miskin.

7.Seorang penghafal Al Qur`an harus khusyuk jiwanya , tenang bahkan berwibawa,.artinya dia harus tenang dalam pembawaannya dan menjadi sosok yang sabar dalam menjaga Al Qur`an.

8.Seorang penghafal Al Qur`an jangan menjadikan Al Qur`an sebagai sumber penghasilan atau sandaran hidupnya. Artinya seorang penghafal Al Qur`an tidak berorientasi pada hal yang sifatnya duniawi dan menjadikan Al Qur`an sebagai sarana dalam mencapainya.

9. Seorang pengshafal Al Qur`an harus selalu mengulang hafalannya.karena Al Qur`an adalah amanat yang sangat agung terkhusus bagi para penghafal Al Qur`an. Selayaknya kita harus merasa malu ketika tidak bisa menjaga hafalannya.

Dari etika-etika diatasa, alangkah eloknya kalau memang kita praktekan atau sudah menjadi bagian daripada kebiasaan dalam diri kita. Semoga kita semua menjadi bagian dari Ahlul Qur`an. Aamiin!!