Stay informed on our news or events!

post

Dalam memilih sekolah di zaman era industri 4.0 ini, banyak sekali kekhawatiran orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Mereka tentu saja mencari sekolah yang tepat yang dapat membuat putra-putrinya menjadi generasi terbaik bagi orang tua,keluarga, masyarakat, agama dan bangsa.

Baiklah dalam hal ini, penulis akan share ciri-ciri sekolah hebat.

1. Sekolah yang dapat mengantarkan peserta didiknya, orang tua dan guru-gurunya menuju surganya Allah swt.

Hal ini dimulai dengan PPDB, mulai tidak adanya sogok menyogok ketika penerimaan peserta didik baru dan diakhiri dengan kejujuran para lulusannya ketika menghadapi ujian Nasional. Dengan nilai-nilai kejujuran, seluruh warga sekolah dituntut untuk menumbuhkan nilai ini. Tanpa adanya kejujuran, maka generasi muda ini akan cepat hancur.

2. Yayasan, kepala sekolahnya , guru dan karyawannya berakhlakul karimah

Dimulai dari yayasan dengan kebijaksanaan yang sangat baik dan berimbang,kepala sekolahnya memberikan dan mengawali contoh yang teladan, guru-gurunya ramah, tatausahanya penyabar dll. Tentu saja sekolah ini akan senantiasa dihiasi dengan kebaikan dan penuh dengan rasa cinta dan kasih sayang,

3. Visi sekolahnya dapat bermanfaat bagi siswa, guru, orang tua.

Misalkan sekolah kita adalah sekolah akhlak,atau pondok pesantren. Hal ini bertujuan dalam pembentukan akhlak siswa. Yang lebih penting dalam hal ini, bagaimana seorang siswa dapat membentuk akhlak guru-guru dan kedua orang tua siswa sehingga dapat bersinergi dengan baik.

4. Target lulusannya terukur dan bisa dirasakan langsung.

Dalam mencapai target lulusan, sekolah yang hebat dapat mengukur lulusan yang diharapkan, misalnya setelah lulus MTs-Pondok pesantren Tahfidz Qur`an Assalaam dapat meluluskan siswa yang berakhlakul karimah, mampu membaca Al-qur`an dengan baik dan benar, hafal minimal 5 Juz al qur`an selama 3 tahun , hafal 100 hadits dan menguasai google suite.

5. Program habit atau pembiasaan di sekolah dan  di kelasnya dapat membekas dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam program pembiasaan ini bisa diawali dengan membaca asmaul husna sebelum pembelajaran di mulai, menjaga kebersihan lingkungan, shalat berjamaah tepat waktu dan lain sebagainya, sehingga ini akan dapat membekas pada keseharian para siswa di rumahnya.

6. Kurikulum yang sangat simple dan mudah di praktekan

Dalam mencapai sebuah target pembelajaran, kurikulum menjadi patokan untuk mengukur ketercapaian pembelajaran siswa di sekolah.oleh sebab itu, kurikulum jangan terlalu banyak dan berbelit-belit. Sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah.Misalkan kurikulum berbasis parenting nabawiyah dan kurikulum keislaman. Hal ini dapat dengan mudah menjadi ukuran yang akan dicapai sehingga dengan sangat simple dipraktekan oleh guru dalam pembelajaran di sekolah.

7. Para gurunya mendapatkan pembinaan secara rutin, berkala dan sistematis.

Sekolah yang hebat adalah sekolah yang dapat menginvestasikan anggarannya untuk pembinaan guru, misalkan dengan mengadakan pelatihan kurikulum, motivasi, leadership dan lain-lain. Hal ini dapat dilakukan oleh sekolah minimal 5-10 kali dalam satu tahun, sehingga pengembangan kapasitas guru akan semakin meningkat. Gurunya hebat, otomatis siswanya juga pasti akan hebat.

8. Orang Tuanya mendapatkan program yang dapat mendukung kemajuan putra-putrinya.

Sebagai contoh, yang telah dilakukan oleh MTs-PPTq Assalaam, melalui program pengajian bulanan orang tua. Hal ini disesuaikan dengan temanya, misalkan sharing dengan wali kelas, istighotsah, parenting dll. Program-program inilah yang dapat menunjang kemajuan siswa.

9. Sekolah yang dapat mengembangkan potensi terbaik siswa-siswa nya.

Potensi yang terbaik dalam pengembangan siswa bukan hanya dalam mata pelajaran B.Inggris, Matematika, IPA, dan lainnya, Namun program pengembangan potensi yang baik adalah program yang dapat membuat siswa-siswanya tidak sombong dengan prestasi yang telah mereka raih. Dan dapat menghantar-kan dirinya ke syurga dengan bersikap rendah hati, penyabar dan perbuatan positif lainnya.

10. Sekolah yang dapat bersinergi antara anak, guru dan orang tua.

Sekolah yang hebat adalah sekolah yang dapat mensinergikan antara anak, guru dan orang tua menuju keberhasilan dan kesuksesan dunia dan akhirat. Orang tua senang menyekolahkan putra-putrinya di sekolah tersebut, anak-anaknya antusias dan senang, guru-gurunya baik dan ramah , inilah sebuah kesuksesan sekolah sehingga sekolah itu dapat dikategorikan menjadi sekolah hebat.

Semoga sekolah kita , MTs-PPTq Assalaam ini memiliki 10 point ini sehingga dapat menjadi sekolah yang hebat dan luar biasa. Sekolah yang dapat menghantarkan seluruh warga sekolahnya menuju surganya Allah swt. Amin,,