Stay informed on our news or events!

post

ASAL-USUL KELUARGA

KH.Habib Utsman bin Husein bin Utsman bin Abdurrahman Al-Aydarus lahir di Bandung tepatnya di Jalan Sasakgantung. Beliau lahir pada tanggal 1 Ramadhan 1329 H (1911M). Ayahnya bernama Habib Husein bin Utsman Al-Aydarus berasal dari keturunan Arab (Habaib) , sedangkan ibunya  bernama Siti Khodijah binti Abdul Jalil.

Kedua orang tua beliau berasal dari Banjarmasin sedangkan kakeknya berasal dari Singapura. Pada masanya, kedua orangtua beliau mempunyai status sosial-ekonomi dan kehidupan keagamaan yang cukup disegani. Mata pencaharian kedua orangtua beliau adalah sebagai pedagang berlian yang sangat  taat  agama. Habib Husein, ayahanda Habib Utsman juga dikenal sebagai seorang ulama yang sholeh dan berpengaruh.

Perjalanannya Habib Husein dan keluarganya  senantiasa berpindah-pindah untuk mendapatkan suasana dan alternatif baru yang menawarkan harapan lebih cerah, mulai dari Kota Banjarmasin, Bandung , Bogor hingga akhirnya kembali lagi ke Bandung. Melihat situasi saat itu harapan kehidupan di Bandung lebih baik, maka beliau memutuskan untuk menetap di Kota Bandung.

Sekembalinya dari Bogor ke Bandung inilah Habib Utsman lahir sebagai “Pangais Bungsu” putera keempat dari lima bersaudara. Adapun Putera-puteri Habib  Husein yaitu:

1, Habib Hasyim bin Husein Al Aydarus

  1. Syarifah Lawiyah
  2. Syarifah Majenah
  3. Habib Utsman Al Aydarus
  4. Syariefah Mahani

KEHIDUPAN MASA KECIL

Sebagai putera ke empat “pangais bungsu” dari lima bersaudara beliau terdidik dari seorang ayahanda yang gigih dan sholeh.Hal inilah yang menjadikan kepribadian Habib Utsman bin Husein Al Aydarus menjadi sosok yang mampu berkomunikasi dengan orang-orang disekelilingnya.

Habib Utsman bin Husein Lahir dan dibesarkan di lingkungan keluarga yang sangat sederhana dan taat beragama. Untuk hal ini, Habib Utsman bin Husein Al aydarus mendapatkan pendidikan agama yang sangat baik dari ayahandanya terutama dalam mengaji Al Qur`an, disamping itu beliau juga mengaji kepada K.H.Agus Ahieb dari Palembang.

Habib Utsman bin Husein Al Aydrus tidak pernah mengenyam pendidikan secara formal, namun dengan tekun dan semangat belajarnya yang sangat tinggi, beliau belajar secara otodidak khususnya untuk baca-tulis. Tingkat keingintahuan beliau sangatlah tinggi khususnya dalam membaca. Hal ini dibuktikan dengan beberapa koleksi majalah, langganan surat kabar bahkan beberapa buku keagamaan  terutama tafsir Al qur`an dengan berbagai bahasa (Arab, Inggris,Prancis,Jerman, Belanda dan Jepang).

 

Masa kanak-kanak beliau sama seperti umumnya anak-anak pada masanya, mulai dari bermain, bahkan sering mengumpulkan teman-temannya. Namun, beliau sudah sangat terlihat bahwa beliau akan menjadi seorang ulama yang sholeh. Apapun kesibukannya, beliau tidak pernah meninggalkan  perkara yang Wajib dan Sunnah. Kebiasaan ini terbentuk sampai beliau beranjak dewasa sampai akhir hayatnya.

Tanda-tanda yang lainnya juga terlihat ketika beliau sedang mengikuti pendidikan di Pesantren Gentur Cianjur dibawah asuhan K.H.Achmad Syatibi. Di setiap pelajaran yang diberikan , beliau dengan sangat mudahnya menghafal dan memahami pelajaran tersebut bahkan sebelum pelajaran diberikan, beliau sudah menelaah terlebih dahulu pelajaran tersebut. Disisi lain, beliau adalah sosok yang sangat disiplin terhadap waktu baik dalam beribadah maupun mempelajari ilmu di pesantren. Di pesantren Gentur, kawan-kawan beliau sangat menaruh hormat dan ustadz-ustadz bahkan K.H.Ahamd Syatibi sebagai pengasuh pondok pesantren Gentur sangat sayang terhadap beliau karena keshalehan, ketaatan beliau dan mahabbahnya terhadap keturunan Rasulullah SAW.

RIWAYAT PENDIDIKAN

Selama hayatnya, beliau tidak pernah mengalami pendidikan Formal. Akan tetapi beliau mendapat bimbingan langsung dari Ayahnya Habib Husein. Disisi lain, beliau mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi sehingga beliau belajar secara autodidact. Masa remaja beliau digukanan untuk memperdalami pengetahuan Islam kepada H.Akib di Balonggede, Mama ajengan Cibaduyut, dan yang paling lama belajar belajar kepada K.H.Ahmad Syatibi Gentur.

Selain itu,beliau juga berguru kepada Mama Kiai Fallah Bogor, dan Habib Aly Kwitang Jakarta, K.H. Sholih Madani, dan masih banyak lagi. Beliau sangat menaruh hormat kepada guru-guru beliau yang sudah mengajarkannya Ilmu Agama.

Beliau adalah sosok yang suka menelaah.lebih tepatnya beliau dapat dikatakan sebagai seorang “pelajar” yang matang berkat belajar sendiri (autodidact),dibandingkan dengan perolehan ilmu yang sengaja dicari dari para guru beliau. Terkecuali ketika beliau mendapatkan musykilat , beliau selalu bertanya kepada  guru-guru beliau yang mampu menjawab musykilat tersebut.

SIFAT- SIFAT BELIAU

Beliau adalah sosok yang penuh dengan ketauladanan. Diantaranya; beliau selalu mendoakan orang yang sudah meninggal dunia, memelihara silaturahmi dengan keluarga atau sahabat, tidak membicarakan perihal kehidupannya kecuali yang baik-baik, tawadlu’ (rencah hati), Istiqomah ( dalam melaksanakan perkara yang Wajib maupun Sunnah), selalu berkata dan bersikap Jujur.

Sifat Habib Utsman lainnya yang patut kita contoh adalah sosok yang selalu menepati janji , terutama ketika dikaitkan dengan kedisiplinan dan kecermatan . Kedisiplinan ini terutama terlihat ketika beliau mengajar atau dalam pertemuan. Sedangkan tanggung jawab beliau lebih terlihat pada pengelolaan lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Begitu disiplin dan tanggung jawabnya beliau, hampir setiap hari beliau memeriksa secara detail kegiatan di Yayasan Assalaam.

Disisi lain, beliau  juga sangat peduli dengan kondisi jamaah dan karyawannya. Hal ini terjadi  ketika ada  jamaah atau karyawannya yang sedang mengalami musibah ataupun meninggal dunia, beliau tidak segan untuk menjenguk bahkan menyertakan do`a dalam shalat hadiyyatul unsi. 

Beliau adalah sosok yang sangat teliti. Hal ini nampak pada cara penulisan surat baik yang bersifat pribadi maupun lembaga dan beliau selalu menyimpan dengan menduplikat sebagai arsip/dokumen. Bahkan beliu senantiasa menuliskan beberapa catatan setiap harinya dari mulai do’a, nasihat, serta beberapa hal yang dianggap penting. Hal tersebut tergambarkan dengan catatan harian beliau yang sangat rutut dan tertata rapih.

Salain itu, sifat beliau yang menonjol adalah kepedulian beliau terhadap aspek sosial dalam hal silaturahmi dan mempererat persahabatan.  Jalinan silaturahmi dan ukhuwah ini benar-benar dijaga, baik dengan guru-guru, sahabat-sahabat, jamaah maupun keluarga beliau. Salah satu cara yang beliau lakukan yaitu dengan mengunjungi langsung kerumah atau dengan cara surat-menyurat.

Beliau tidak segan-segan datang kerumah guru-gurunya yaitu, KH.Ahmad Syatibi (Pondok Gentur), K.H. Sholeh Madani (Cianjur), K.H.Mama Santang (Purwakarta), K.H. Abdurrahman (Purwakarta),Mama Falah ( KH.Abdul Falah, Bogor) ,Mama Cibaduyut, Mama Cijaura, dan Mama Sempur.

KESEHARIAN HABIB UTSMAN

Hampir sepanjang siang dan malam hari,  Habib Utsman tidak lepas dari kegiatan ibadah, pengajian dan pendidikan. Mulai sepertiga malam, beliau selalu melaksanakan shalat Tahajud dan bermunajad kepada Allah SWT . Setelah itu, beliau menala`ah beberapa kitab kuning untuk persiapan pengajian setelah shalat subuh. Kalau tidak menelaah, beliau bermudzakarah  dan tadarus mengasah hafalan Al Qur`an yang tiga puluh Juz. Oleh karena itu, tidak heran kalau dalam waktu sebulan, minimal sebanyak tiga puluh kali khatam Alqur`an , dan bahkan sering dilakukan sebulan sebanyak enam puluh kali menghatamkan  Alqur`an di bulan Ramadhan.Menurut catatannya, bahwa Habib Utsman selama hidupnya sudah mengkhatamkan Al Qur`an sebanyak 16.328 kali. 

Ketika adzan shalat sudah dikumandangkan, beliau bersegera memasuki masjid , diawali shalat tahiyyatal masjid lalu diteruskan dengan shalat sunnah qabliyyah. Sepanjang hayat beliau, selama masjid Assalaam didirikan, beliau tidak pernah  meninggalkan jama`ah sholat sebagai imam dimasjid tersebut, kecuali jika  sedang bepergian atau sakit. Bahkan ketika sakitpun, beliau selalu memaksakan diri untuk bisa datang ke masjid di setiap waktu shalat.

Begitu shalat dan wirid selesai, beliau meneruskan kegiatannya dengan pengajian kitab Ihya` Ulumuddin , Minhaajul Aabidin, dan Alhikam yang rutin dilaksanakan ba`da shubuh setiap hari jum`at dan sabtu. Pada hari Rabunya, beliau memberikan pengajian umum yang kebanyakan jama`ahnya adalah dari kalangan Ibu-ibu.Pada setiap paginya, beliau selalu memonitor kegiatan-kegiatan pendidikan dilingkungan Yayasan Assalaam. Disela-sela itu, beliau tidak pernah diam dan lidahnya selalu basah dengan usapan hafalan Al Qur`an dan kalimah Thoyyibah bahkan beliau selalu mengusap kepala anak-anak yatim. Dalam kesehariannya,beliau mampu menahan hadats besar dan kecil dalam jangka waktu yang  lama dan selalu memperbaharui wudhunya di setiap kali batal. 

Ketika tiba waktu dzuhur, beliau bersegera pergi ke masjid untuk mengimami shalat dzuhur. Setiap beliau memasuki masjid, beliau  selalu mendahuluinya dengan shalat Tahiyyat dan diteruskan dengan shalat sunnah yang lainnya. Setelah melaksanakan shalat dzuhur, beliau menggunakan waktu tersebut untuk menelaah kitab, tadarrus hafalan Al Qur`an dan menerima tamu. Begitu pula antara waktu Ashar dan Maghrib. 

Setiap shalat maghrib, beliau selalu membaca qunut nazilah di rakaat terakhir. Setelah shalat Magrhrib, beliau meneruskan membaca Al- Qur`an minimal tamat satu kali, sholawat tafrijiyyah dan sholawat lainnya sampai waktu isya tiba. Disamping itu,  terdapat amalan-amalan khusus yang bergantian, misalnya: setiap malam senin setelah maghrib selesai baca Al Qur`an, beliau melanjutkan dengan  bacaan barzanji, dan menjelang wafatnya digantikan dengan simtut durar ; pada malam kamisnya, beliau meluangkan waktu untuk mendatangi undangan-undangan, baik pengajian, tahlil, diba`, barzanji, manakib atau amaliah   ritual lainnya; pada malam jum`atnya,  setelah sholat sunnah ba`diyah, beliau terus melaksanakan shalat sunnah taubat, shalat Hadiyah/Untsi, sholat hajat, dan shalat tasbih. Dalam shalat tasbih beliau selalu membaca do`a  Imam Ghazaly “ Qaddasa lahu sirrah”, diteruskan dengan membaca Al Qur`an, Asmaul husnaa dan Asmaunnabi. Adapun  bacaan Asmaul husnaa dan Asmaunnabi juga dilakukan pada malam Rabu.

KARYA TULIS

Di tengah kesibukannya , beliau menuangkan pemikiran dari keilmuannya melalui buletin yang rutin diterbitkan  1974-1985. Kemudian dikumpulkan menjadi sebuah buku yang diberi judul, Panggilan Selamat. Karyanya yang lain adalah Sumber Peradaban, Al-Muslih dan Tutungkusan..

Secara garis besar, khazanah pemikirannya terbagi ke dalam beberapa topik antara lain, Islam sebagai agama yang hak, hakikat manusia, hakikat kehidupan, arkanul iman dan implikasinya dalam amal shaleh, arkanul Islam berikut hikmah amaliahnya, akhlak dan tasawuf, peristiwa-peristiwa besar yang sarat makna, Asmaul Husna, dan kapita selekta tentang kehidupan sehari-hari.  

AKHIR HAYAT HABIB UTSMAN BIN HUSEN AL AYDARUS

Habib Utsman wafat pada 7 Maret 1985 di Bandung dalam usia 74 tahun. Meski beliau  telah tiada, warisan keilmuannya terwariskan kepada murid dan anak cucunya, yaitu lembaga pendidikan, sosial keagamaan  dan karya tulisnya.

NASIHAT-NASIHAT HABIB UTSMAN BIN HUSEN AL AYDARUS

“Menurut Habib Utsman, agama Islam adalah agama yang haq (benar), pembawa damai dan selamat. Agama Islam diperuntukan bagi manusia hidup, yang hidup akal pikirannya, perasaannya, kemauannya, dan tujuan hidupnya. Dengan agama manusia berbeda dengan binatang, dengan agama manusia menjadi makhluk yang mulia dibandingkan dengan makhluk lainnya”. 

“Kesempurnaan ilmu seseorang baru berarti apabila disertai agama. Tujuan agama adalah kebenaran dan sasaran ilmu juga kebenaran. Keduanya menuju kebenaran mutlak. Oleh karena itu, ilmu tidak boleh bertentangan dengan agama. Ilmu untuk mengetahui dan agama untuk merasakan, menghayati, dan mengamalkannya. Ilmu itu bendanya dan agama adalah jiwanya”.