Stay informed on our news or events!

post

Guru kreatif adalah sosok yang sangat di idolakan oleh semua siswa. Baik ketika dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Pada kesempatan kali ini, penulis akan berbagi pengetahuan tentang sosok guru kreatif.  CREATIVE dalam bahasa Inggris terdiri dari 8 huruf. Yuk kita bahas satu persatu dari setiap hurufnya.

1. C = CEKATAN

Guru kreatif itu adalah sosok yang sangat cekatan dengan gerakan-gerakan yang sering membuat para siswa menjadi termotivasi dan bergairah ketika proses belajar mengajar berjalan. Guru cekatan ini sangat banyak cara sekali dalam mencari metode  agar kelas menjadi hidup dan menarik.

2. R =  RESPECT

Respect dalam arti dapat menghargai setiap potensi yang dimiliki oleh setiap siswa tanpa memandang kekurangan siswa didiknya. Guru tersebut selalu  berusaha untuk mengolah potensi terbaik setiap siswa sehingga dapat menjadi siswa yang terbaik di bidangnya masing-masing.

3. E = ENERGIC

Guru kreatif adalah sosok guru yang mempunyai energy yang sangat dahsyat dan dapat mempengaruhi siswa-siswanya. Guru yang hebat ini sesantiasa men setting setiap pembelajarannya menjadi pembelajaran layaknya seperti training motivasi yang dapat membuat kelas menjadi bersemangat dan full of energy.

4. A = AKTIF

Guru ini mempunyai sikap aktif yang sangat dahsayat. Guru tersebut selelu memberikan arti positif dari setiap pembelajaran yang dihadapinya. Disisi lain,  sang guru mempunyai impian yang sangat besar dalam memajukan sekolahnya. Disetiap langkah dan kegiatannya sang guru selalu mengajak seluruh element warga sekolah khususnya para siswa agar senantiasa membiasakan pola sikap positif dalam kegiatan sehari-harinya.

5. T = TELADAN

Guru kreatif selalu menjaga sikap dan menjadi contoh serta teladan bagi setiap orang. Oleh karena itu, sang guru akan menjadi trend center bagi siswanya. Hal ini selalu dilakukan dilingkunhgan sekolah maupun di luar sekolah pada umumnya.  Dia juga selalu mencintai pekerjaannya.

6. I = INSPIRATIF

Ketika selesai pembelajaran, sang guru senantiasa meningalkan jejak dan kenangan indah bagi gurunya. Dia selalu dirindulan oleh siswa-siswanya. Salah satu alasan kenapa dia menjadi inspirator adalah karena dia mampu menjadi sosok yang dapat merubah pola piker siswa-siswanya menjadi lebih baik lagi.

7. V= VISIONER

Guru inspiratif ketika masuk sekolah mempunyai cita-cita yang sangat agung,beliau bukan hanya sekedar menjalankan tugasnya dalam mengajar lalu selesai pulang. Lebih dari itu, sang guru mempunyai visi kedepan dalam memajukan sekolahnya menjadi sekolah yang unggul dan terbaik kedepannya.

8. E = EXCELLENT

Guru kreatif adalah sosok yang selalu unggul dalam segala hal. Bukan untuk menyombongkan diri, namun beliau selalu ingin jadi yang terbaik diantara guru-guru yang lainnya.  

Inilah ciri-ciri guru CREATIVE. Semoga tulisan yang di share dan dibagikan ini akan menjadi motivasi bagi guru-guru yang lainnya. Mengutip perkataan Mala mc Crea , guru teladan dari Amerika serikat  mengatakan” Untuk menjadi guru yang baik, kita harus menyerahkan diri kita , membagi pengalaman hidup, membuat setiap murid menjadi istimewa, tertawa, menghubungkan pelajaran dengan kehidupan nyata secara kreatif, membuktikan bahwa ada alasan untuk belajar, membuat siswa tersenyum, berkolabirasi dengan rekan kerja, memberikan waktu ekstra bagi murid yang kesulitan, bersenang-senang dikelas dan masih banyak lagi.